• Jelajahi

    Copyright © SITUS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Antisipasi Corona, Disdukcapil Konsel Terapkan Pelayanan dengan Sistim Jaga jarak dan Online

    Admin
    10 Apr 2020, April 10, 2020 WIB Last Updated 2020-04-11T10:38:17Z

    Kepala (Disdukcapil) Kabupaten Konawe Selatan, Nurlita Jaya, S,Sos, M.Kes (Img : Situssultra.com)

    ANDOOLO,SITUSSULTRA.com-Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menerapkan  aktivitas pelayanan administrasi kependudukan  dengan sistim jaga jarak dan online .

    Hal ini dilakukan guna meminimalkan interaksi dengan warga sebagai langkah memutus potensi penyebaran virus Corona (Covid-19).

    Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Konawe Selatan, Nurlita Jaya,  mengatakan terkait dengan suasana libur, Disdukcapil Konsel masih merujuk pada perintah pusat untuk  tidak  menghentikan  pelayanan secara total di Disdukcapil saat situasi virus corona lagi mewabah serta menjadi perbincangan nasional, kendati instansi yang diembannya  merupakan salah satu instansi pemerintah yang ramai dikunjungi warga.

    “Tapi pada dasarnya adalah membatasi kontak fisik atau kontak langsung yakni, jaga jarak  dengan beberapa  masyarakat, khususnya perekaman itu kita sangat batasi  karena sistemnya sudah sistim kontak , kemudian  mengatur  sistim jadwal pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keperluan  daerah,”jelas Nurlita kepada situsultra saat di komfirmasi di ruang kerjanya Senin, (23/3/2020).

    “Kemudian  yang  sifatnya urgen misalnya  seperti pengurusan sekolah  atau untuk  pendaftaran,   BPJS dan pengurusan untuk rujukan rumah sakit tetap berjalan,”tambahnya.

    Dikatakan,  pelayanan tetap  dilakukan karena  merujuk  dari himbauan atau surat edaran yang dikeluarkan bupati  sebab sampai  saat  ini belum ada yang memerinthakan kalau aktivitas pelayanan di dukcapil Kabupaten Konawe Selatan akan diliburkan.

    “Jadi pada dasarnya kalau kami disini tetap memberikan pelayanan cuman ada beberapa hal yang kita batasi  yang pertama adalah jam pelayanan itu kita buka mulai dari jam Sembilan  sampai jam dua  siang,  yang kedua akses  pelayanan  kita berikan  melalui online yakni, whatsApp atau lewat  facebook,”sebutnya.

     “Kemudian kita juga mencoba mengatur sip-sipan tenaga operator yang berkontak langsung dengan masyarakat, jadi  kita atur jadwal tertib misalnya hari ini masuk besok dia off kemudian berikutnya dia on, lalu  kita atur juga jarak antara yang melaukan pelayanan dengan masyarakat yakni,  memberikan pemahaman bahwa  tujuannya dalam rangka untuk  mencegah penularan terhadap virus corona,”lanjutnya.

    Adapun pelayanan  yang dilakukan melaui  sistim online jelasnya,  adalah  untuk tetap melakukan pelayanan terhadap  masayarakat sekaligus menghindari sistim kontaminasi sehingga pelayanan tersebut dilakukan  melalui internet yakni melalui  fasilitas HP Android misalnya untuk pengiriman  pengurusan kartu keluarga ditujukan pada nomor yang telah  ditetapkan melalui pengumuman.

     “Jadi kalau ada untuk pengurusan  pelayanan yang  sifatnya urgen  kita berikan tapi kalu sifatnya seperti hal yang biasa saja kita minta masyarakat untuk menunda dulu ataukah itu bisa melalui wa atau facebook dan nomornya sudah kita simpan untuk bisa diakses atau dihubungi,”jelasnya.

    Ia juga menghimbau bahwa salah satu cara untuk  mencegah corona, pihaknya berharap agar sebaiknya  masyarakat tetap berpedoman  pada pola hidup sehat,  yakni, membiasakan diri untuk selalu  berprilaku hidup yang  bersih.

    “Misalnya, di dalam ruangan itu tidak ada asap rokok kemudian  cara batuk yang beradab dan beretika,  jadi penyebaran-penyebaran  virus yang  tidak dilihat secara kasat mata bisa terputus  kemudian menjaga  pola makan yang  sehat dan tidak banyak begadang,”pungkasnya. 

    Penulis : Darson    






    Rekomendasi Untuk Anda × +
    KAMI MAJU

    No comments:

    BERITA TERKINI